Tuesday, March 6, 2012

Tips Mencegah Dan Mengobati Sariawan


Salah satu masalah kesehatan mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah sariawan atau stomatitis. Sariawan dapat terjadi di lidah, bibir atau gusi. Penyakit ini sangat mengganggu dan bahkan dapat mengurangi nafsu makan karena menyebabkan kesulitan dalam menelan makanan dan minuman.
Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya sariawan adalah terlalu banyak makan makanan asam atau pedas, alergi makanan, kebersihan mulut yang buruk, lidah atau pipi yang tergigit, stres, dan bahkan gizi buruk karena kurangnya vitamin B dan C. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar sariawan cepat sembuh, seperti yang dikutip dari Times of India:
  1. Kunyah 4-5 daun kemangi dan minumlah air yang cukup. Metode ini efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan segera luka pada mulut (sariawan) dengan lebih cepat.
  2. Makan tomat mentah bisa mengatasi sariawan. Atau Anda juga bisa berkumur menggunakan jus tomat.
  3. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengoleskan ramuan pasta yang terbuat dari campuran kunyit dengan satu sendok teh gliserin. Oleskan pasta ini pada luka sariawan
  4. Metode lainnya adalah dengan mengoleskan santan kelapa pada luka sariawan.
  5. Berkumur dengan obat kumur, sebelum tidur dan setelah makan siang dan makan malam. Metode ini tidak hanya mencegah pembentukan ulkus mulut tetapi juga untuk mencegah bau mulut.
  6. Oleskan pasta gigi pada bagian terluka.
  7. Hindari minum minuman panas seperti teh, kopi dan menghindari makanan berminyak serta makanan pedas. Makanan-makanan tersebut bisa memperburuk kondisi sariawan Anda.
  8. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin C, misalnya, makanan seperti yogurt, susu, keju dan jus jeruk.
  9. Hindari makan makanan non-vegetarian karena mereka dapat meningkatkan tingkat keasaman dalam tubuh.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls