Saturday, October 27, 2012

9 Khasiat Madu bagi Kesehatan

Madu-cairan yang menyerupai sirup yang kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula.
Meskipun berasa manis seperti gula, kandungan Madu lebih banyak dan lebih bermanfaat dibandingkan dengan gula.

Berikut Khasiat Madu bagi Kesehatan :

1. Pengganti gula yang sehat

madu sebagai pengganti gula yang sehat

Seperti yang telah diberitahukan di atas, rasa manis yang dihasilkan oleh madu hampir menyerupai dengan gula.  Sehingga, sebagai pengganti gula, madu lebih cocok disamping itu juga lebih sehat.

2. Meredakan gangguan pencernaan

madu membantu meredakan gangguan pencernaan

Madu memiliki sifat anti-bakteri yang membantu memperbaiki sistem pencernaan. Tak hanya itu, sifatnya yang mudah dicerna juga baik jika dikonsumsi oleh anak-anak. Memberikan anak-anak dua sendok madu setiap hari, bisa memberi energi ekstra sepanjang hari.

3. Mengikis lemak dan sumber energi


Mulailah harimu dengan mengkonsumsi segelas air hangat ditambah madu dan lemon, selain bermanfaat untuk mengikis lemak, mengkonsumsi madu juga dapat meningkatkan energi dan mencegah kelelahan dalam beraktifitas.


4. Mencegah Kanker


Madu juga dikenal memiliki karsinogen, mencegah dan sebagai anti-tumor yang dapat membantu dalam pencegahan kanker.

5. Mengobati sakit tenggorokan


Tambahkan beberapa tetes madu dalam jus jahe dan minumlah 2 kali sehari

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh

Madu memiliki kandungan nutraceuticals, yang  dapat mengeluarkan radikal bebas dari tubuh kita. Hasilnya, kekebalan tubuh akan meningkat. Dan membuat badan kita tidak mudah sakit.7. Obat antibiotik atau antiseptik

Madu sebagai obat antiseptik atau obat antibiotik

Sifat antiseptik dari madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan menjaga luka bebas dari infeksi, karena madu dapat menjaga luka tetap bersih disamping itu penelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi, memberikan respon pada "terapi madu" yang dioleskan di bagian luka. Kandungan alami madu berupa hidrogen perioksida yang diproduksi dari enzim lebah diduga bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya menyembuhkan.

8. Mengurangi gatal 

Madu membantu mengurangi gatal pada kulit

Madu memiliki kandungan anti-inflamasi yang terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk.

9. Memperbaiki kerja otot

Madu berperan memperbaiki kerja otot

Berdasarkan dari beberapa penelitian, membuktikan bahwa madu berperan dalam mengontrol kadar gula darah selama kita beraktivitas.


Demikianlah artikel tentang Khasiat Madu bagi Kesehatan. Ternyata setelah dilakukan penelitian, madu yang rasanya manis menyimpan bermacam-macam manfaat bagi tubuh kita. 




0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls